Cegah Pungli, Listyo Sigit Ingin Polantas Tak Lagi Menilang

foto : humas polri

Jakarta, Pelitabaru.com

Calon Kapolri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan mengedepankan tilang elektronik bila kelak ia menjadi Kapolri. Dengan begitu, polisi lalu lintas tidak perlu lagi melakukan tilang dan bisa fokus mengatur jalan.

“Saya harap kedepannya anggota lalu lintas turun di lapangan untuk mengatur lalu lintas, tidak perlu menilang,” ujar Listyo dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (20/1/2021).

Menurutnya, mekanisme tilang akan diubah secara bertahap menjadi serba elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE). Langkah ini untuk mengurangi proses penilangan guna menghindari penyimpangan saat anggota melaksanakan proses tersebut.

“Para pelanggar tersebut sudah otomatis tertilang dengan ETLE. Ini kita harapkan menjadi ikon perubahan perilaku Polri khususnya di sektor pelayanan unit depan yaitu anggota-anggota kita di lalu lintas,” kata dia.

Untuk mengurangi adanya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan anggota Polri itu, dia juga bertekad untuk menjadikan SDM Polri yang unggul di era Police 4.0 ini, dengan meningkatkan kesejahteraan pegawai Polri. Namun, kata dia, yang pertama kali harus dilakukan yaitu meningkatkan kuantitas serta kualitas SDM Polri, dan pengelolaan SDM yang humanis.

“Bukan hanya itu, peningkatan sistem manajemen karir berbasis kinerja serta perluasan kerjasama pendidikan dengan negara luar juga perlu,” ujarnya.

Selain itu, Listyo Sigit juga mengatakan memiliki 16 program prioritas bila kelak terpilih. Menurutnya, 16 program prioritas tersebut akan diimplementasikan dalam tiga tahap melalui timeline penentuan rencana aksi, target, dan implementasi.

“Tiga tahap pertama 100 hari sejak saya dilantik sebagai Kapolri, tahap kedua 2021-2022, dan tahap ketiga 2023-2024,” ujar Listyo. (acs)

pelitaonline

Read Previous

Komjen Listyo Jalani Fit and Proper Test Calon Kapolri, ini Komitmennya

Read Next

Rentetan Bencana Alam di Awal 2021, dari Longsor hingga Banjir Bandang

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *