Kantor Gubernur Hingga Rumah Sakit Roboh Diguncang Gempa Sulbar

Mamuju, Pelitabaru.com

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,2 mengguncang wilayah Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (15/1/2021) sekitar pukul 02.30 Wita. Guncangan gempa meruntuhkan rumah sakit dan kantor Gubernur Sulbar.

Gempa susulan yang terasa hingga Kota Makassar dengan durasi lebih lama ini juga merobohkan sejumlah bangunan bertingkat di Kota Mamuju. Termasuk dua hotel, yakni Grand Maleo Hotel dan Matos Hotel bangunannya rusak parah.

Warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Mereka berlari ke dataran lebih tinggi untuk menghindari tsunami.

“Kami semua berlari ke gunung, masyarakat takut tsunami,” kata Yahya, warga di Kasiwa, daerah padat penduduk Kota Mamuju.

Namun warga bersyukur gempa tersebut tidak sampai menimbulkan tsunami. Hanya saja rumah dan tempat usaha mereka banyak yang rusak.

Sementara itu, regu penyelamat di Mamuju berjibaku menyelamatkan korban reruntuhan Rumah Sakit Mitra Manakarra yang ambruk akibat gempa.

Delapan korban dilaporkan terjebak di antara reruntuhan bangunan lima lantai yang rata dengan tanah itu.

Muflih, bidan di RS Mitra Manakarra mengungkapkan delapan korban itu terdiri dari dua orang perawat, satu pegawai apotek, empat orang pasien berpasangan dan satu bayi yang berada di dalam inkubator. Mereka terjebak karena tidak sempat menyelamatkan diri saat terjadi gempa dasyat itu.

“Empat korban terdeteksi masih hidup, karena saat subuh mereka masih meminta tolong. Sedangkan empat lainnya belum diketahui kondisinya,” ujar Muflih. (net)

Achmad Zedun

Read Previous

DKI Jakarta Siapkan 21 RS Rujukan Antisipasi Efek Samping Vaksin Covid-19

Read Next

Dialog Kemaritiman, Maritim Jaya Indonesia Hebat

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *