Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan

FDR black box Sriwijaya Air SJ182 (Foto: dok. Istimewa)

Jakarta, Pelitabaru.com

Setelah empat hari pencarian, kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 berhasil ditemukan. Kotak hitam pesawat yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta itu ditemukan Selasa (12/1/2021) sekitar pukul 16.20 WIB.

“FDR (perekam data) sudah ditemukan,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam jumpa pers di JICT, Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Budi menyebutkan, kotak hitam ditemukan di antara Pulau Laki-Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Black box yang ditemukan adalah perekam data penerbangan atau flight data recorder (FDR).

Kotak hitam tersebut ditemukan oleh tim Kopaskal Armada 1 TNI Angkatan Laut dan penyelam Dislambair serta Taifib. Kotak hitam kemudian dikirim ke JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara lalu diserahkan ke tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk diteliti lebih lanjut.

Sebelumnya, proses pencarian black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 mulai menemui titik terang. Hal ini diungkapkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat konferensi pers di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Minggu (10/1/2021).

“Dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box tersebut bisa dipantau dan sekarang sudah di-marking (ditandai),” ujar Hadi kepada para wartawan.

Hadi berharap black box dalam waktu dekat bisa diangkat. Sehingga, bisa menjadi bahan KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut.

“Potongan-potongan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 berkisar di kedalaman 23 meter,” pungkasnya. (acs).

 

pelitaonline

Read Previous

Sepanjang 2020, Ada 117 Kasus Kekerasan Terhadap Jurnalis

Read Next

Jokowi Disuntik Vaksin Covid-19 Pagi Ini di Istana Jakarta

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *