Jenazah Pasien Covid-19 di RSUD Kota Bogor Tertukar

Bogor, Pelita Baru

Beredar sebuah video keluarga pasien kecewa terhadap pelayanan RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, yang menangani jenazah pasien Covid-19.

Dalam video yang beredar di WhatsApp itu pihak keluarga menyebutkan jenazah keluarganya sempat tertukar dengan pasien lain.

Kejadian tersebut terekam dalam video berdurasi 49 detik. Dalam video terdengar seorang perempuan yang merekam video meneriakkan kekecewaannya terhadap pihak rumah sakit.

“Ini benar-benar sudah parah ya. Ini mama saya sudah meninggal dari jam 12 malam sampai sekarang belum dibawa. Terus salah ngambil pasien lagi,” kata wanita dalam video itu.

Humas RSUD Kota Bogor Taufik Rahmat, membenarkan adanya peristiwa tersebut. Dia mengatakan, kejadian yang ada di video itu terjadi pada Rabu (30/12/2020).

Taufik mengakui adanya kelalaian terkait komunikasi yang dilakukan petugas rumah sakit sehingga menyebabkan tertukarnya jenazah.

Ia menjelaskan, petugas di bagian keperawatan dan petugas pemulasaraan yang bertugas di hari itu tidak bertemu sehingga terjadi tertukarnya jenazah.

Petugas pemulasaraan yang datang ke ruang perawatan mengambil jenazah tanpa ada komunikasi dan membawanya ke ruangan forensik.

“Petugas pemulasaraan langsung membawa jenazah ke ruangan forensik. Ini yang kemudian menimbulkan dugaan dari pihak keluarga ada jenazah yang tertukar dan adanya kelalaian dari pihak rumah sakit,” terang Taufik, Selasa (5/1/2020).

Menurutnya, pihak RSUD Kota Bogor sudah menyampaikan permintaan maaf atas insiden tertukarnya salah satu jenazah pasien Covid-19 dengan jenazah lain yang dialami oleh keluarga DF, warga Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

“Saya juga sudah jelaskan ke pihak keluarga tentang ketidaknyamanan pelayanannya. Kemudian meminta maaf atas nama RSUD apabila ada hal-hal yang tidak berkenan,” pungkasnya. (acs)

Achmad Zedun

Read Previous

Serapan Anggaran Pemkab Bogor Capai 93 Persen, Iwan Setiawan: Ini Jadi Parameter

Read Next

Kronologi Jenazah Pasien Covid-19 Tertukar di RSUD Kota Bogor

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *