Vaksinasi Covid-19 Dimulai Pertengahan Januari 2021, Prioritas Nakes

ilustrasi vaksin Covid-19

Jakarta, Pelita Baru

Kementerian Kesehetan (Kemenkes) menyatakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama akan dimulai di Indonesia pada pertengahan atau minggu kedua Januari 2021. Vaksinasi ini akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes).

“Karena sesuai penjajakan yang sudah disusun sehingga vaksinasi bisa dimulai minggu kedua atau ketiga Januari 2021,” kata Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tramidzi pada konferensi pers daring, Minggu (3/1/2021).

Melihat perkembangan uji klinis di Turki dan Brazil menunjukkan hasil yang cukup baik. Kemudian, uji klinis yang dilakukan oleh Universitas Padjajaran juga berjalan positif. Hal ini yang membuat ia mengaku optimis jadwal vaksinasi tidak akan molor.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin beberapa waktu lalu menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 bakal dirampungkan dalam 15 bulan atau selesai pada Maret 2022 mendatang dengan target sebanyak 181,5 juta orang.

Program vaksinasi nantinya akan dibagi menjadi dua periode, yang pertama periode Januari-April 2021 akan diberikan kepada 1,3 juta tenaga kesehatan di 34 provinsi dan 17,4 juta petugas publik.

Apabila vaksin tersebut terbukti aman diberikan kepada kelompok lansia dengan jumlah sekitar 21,5 juta jiwa, maka mereka juga akan menjadi kelompok prioritas.

Sedangkan untuk periode vaksinasi kedua yaitu bulan April 2021-Maret 2022, akan diberikan kepada masyarakat yang berada di daerah dengan risiko pennularan tinggi sebesar 63,9 juta orang.

Selanjutnya, vaksin disuntikkan kepada masyarakat umum dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin gratis. Targetnya yaitu sebanyak 77,4 juta orang penerima. (acs/cnnIndonesia)

Achmad Zedun

Read Previous

Apresiasi PANDI, CFI Minta Pemerintah Dukung Digitalisasi Aksara Jawa

Read Next

205 Ribu Kendaraan Diprediksi Kembali ke Jakarta Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *