Tiga Bus AKDP Tak Lolos Ramp Check di Terminal Baranangsiang Bogor

Bogor, Pelita Baru

Petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan Kota Bogor melakukan uji ramp chek terhadap bus umum di Terminal Baranangsiang, Rabu (23/12/2020). Dari hasil pemeriksaan, tiga bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dinyatakan tak lolos uji ramp check.

Kanit Turjawali Satlantas Polresta Bogor Kota, Iptu Budi Suratman mengatakan, bus yang tidak lolos uji kelaikan langsung dikandangkan lantaran tidak memenuhi standar sehingga dapat mengancam keselamatan penumpang maupun sopir itu sendiri.

“Kita juga berikan surat teguran dan tilang kepada pemilik kendaraan bus tersebut,” ujar Budi.

Kendaraan yang tidak lolos dalam uji ramp check yaitu bus jurusan Bogor-Karawang dan Bogor-Depok. Bus tersebut tidak dilengkapi surat-surat kendaraan dan ada beberapa persyaratan teknis yang tidak laik pakai.

“Setelah pemeriksaan teknis pada bus tersebut ada yang tidak lolos uji kelaikan dan harus segera diganti,” kata dia.

Menurut Budi, pemeriksaan ini untuk memastikan lolos uji kelayakan bus yang beroperasi selama libur Natal dan Tahun Baru. Kegiatan ini juga untuk mengantisipasi beroperasinya bus tak laik jalan.

Selain kegiatan pengecekan kelaikan kendaraan atau rump check juga dilaksanakan tes urine terhadap sopir dan kernet bus. Namun demikian, hingga kini belum diketahui hasilnya. (ACS)

pelitaonline

Read Previous

Air Terjun Tumpak Sewu, Niagara di Jatim

Read Next

Halmahera Utara Kehabisan Alat Rapid Test

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *