Air Terjun Tumpak Sewu, Niagara di Jatim

foto : @filippo_cesarini

Malang, Pelita Baru

Kabupaten Malang maupun Lumajang memiliki banyak wisata mempesona. Air Terjun Tumpak Sewu adalah salah satunya. Destinasi yang juga biasa disebut Coban Sewu atau Grojogan Sewu ini menjulang megah dengan ketinggian mencapai 120 meter.

Air terjun ini berasal dari kata tumpak (tumpuk) dan sewu (seribu), yang jika diartikan berarti seribu air terjun yang menumpuk di dinding. Airnya mengalir di sebuah lembah curam dan terbentuk dari sungai yang berhulu di Gunung Semeru.

foto : roes.lim_
Popularitas Air Terjun Tumpak Sewu sebagai Niagara Jawa Timur bukan tanpa sebab. Lebarnya aliran air terjun ini memang mengingatkan kita pada Niagara Waterfall. Lokasi kedua air terjun ini juga sama-sama di perbatasan. Bedanya, Niagara berada di perbatasan negara, antara Amerika Serikat dan Kanada. Tapi bila ditilik dari debit airnya, memang beda jauh.
Meskipun aliran airnya tak sederas Niagara, Air Terjun Tumpak Sewu memiliki keunikan tersendiri. Air terjun Tumpak Sewu bertipe plunge, dimana airnya tidak bersentuhan dengan dinding atau tebing batu dibaliknya.
Bentuk air terjun ini cukup menarik, beda dari destinasi sejenis. Aliran air yang jatuh di tebing tampak seakan menyerupai tirai tipis tembus pandang, direngkuh oleh hijaunya hutan di sekitar. Inilah yang membuat objek wisata Jawa Timur ini masuk air terjun tipe tiered, mirip Niagara di Amerika Serikat dan Kanada.
Air terjun ini sangat mempesona saat dilihat dari atas maupun bawah. Jika di foto dari atas menggambarkan keindahan air terjun tumpak sewu yang nampak seperti di film Jurrassic Park. Hijaunya hutan dan gunung purba aktif di belakangnya seolah membawa kita ke jutaan tahun lalu saat Dinosaurus masih hidup.
Formasi yang unik ini membuat air terjun yang berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang menjadi salah satu air terjun terindah di Pulau Jawa bahkan Indonesia.
Itulah sedikit gambaran mengenai indahnya Air Terjun Tumpak Sewu, Niagara ala Indonesia yang bisa ditemukan di Lumajang, Jawa Timur. Bagaimana Teman Traveler, ada yang berniat mengunjungi tempat ini suatu saat nanti? (ACS)

pelitaonline

Read Previous

Sunset Pantai Losari, Semburat Jingga nan Memesona

Read Next

Tiga Bus AKDP Tak Lolos Ramp Check di Terminal Baranangsiang Bogor

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *