KPK Bakal Periksa Vendor Penyalur Bansos Covid-19

Jakarta, Pelita Baru

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memeriksa para vendor atau perusahaan yang menyalurkan bantuan sosial (bansos) terkait penanganan pandemi Covid-19. Dalam kasus ini, KPK sudah menjerat Menteri Sosial Juliari Batubara.

“Dalam pengembangan, akan dilakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak lain mengingat dalam kegiatan tersebut ada 272 kontrak dari anggaran sekitar Rp 5,9 triliun,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis (17/12/2020).

Senada juga diutarakan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata sebelumnya. Ia memastikan akan mendalami proses penunjukan vendor atau perusahaan dalam penyaluran paket bansos Covid-19 di Kementerian Sosial.

“Nanti kita lihat siapa saja yang menjadi vendor-vendor yang menyalurkan sembako,” kata Alex.

Penyidik KPK juga akan mendalami latar belakang para vendor tersebut. Selain itu, akan menelisik proses penunjukan para vendor yang disinyalir terindikasi adanya tindak pidana korupsi.

“Apakah mereka itu laik, dia punya usahanya, pengadaan sembako, atau baru didirikan tiba-tiba perusahaannya langsung dapat pengerjaan itu. Lalu kemudian dia men-subkan ke pihak lain hanya ingin mendapatkan fee. Itu harus kita dalami,” terang Alex.

Pendalaman terhadap identitas para vendor ini penting dilakukan lantaran terdapat sekitar 272 kontrak terkait pengadaan serta penyaluran paket bansos berupa sembako untuk wilayah Jabodetabek. (ACS/lipt6)

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4435909/kpk-pastikan-bakal-periksa-vendor-penyalur-bansos-covid-19-terkait-kasus-korupsi-menso-juliari

zedun zedun

Read Previous

Tekan Ketergantungan Impor BBM, ESDM Luncurkan Kendaraan Listrik

Read Next

Dalami CCTV di Lokasi Penembakan FPI, Komnas HAM Periksa Jasa Marga

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *