4 Penyebar Video Ancaman Terhadap Mahfud MD Ditangkap Polisi

(Foto: Dok. Humas Polhukam)
Surabaya, Pelita Baru
Empat orang pelaku penyebar video berisi ujaran kebencian dan mengancam akan menggorok Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md diringkus polisi.
Empat pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka penyebar video berisi ujaran kebencian dan pengancaman terhadap Menkopolhukam Mahfud Md itu masing-masing berinisial AH, MS, SH, dan MN. Mereka semua berasal dari Pasuruan.
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Wisnu Andiko menuturkan, penangkapan empat pelaku ini berdasarkan laporan yang diterima polisi.
“Atas dasar laporan itu kami melakukan penyelidikan. Ada empat tersangka yang ditangkap dan kita lakukan penahanan,” ujar Wisnu dilansir dari Antara, Minggu, (13/12/2020).
Direktur Reskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Gidion Arif Setyawan menambahkan, tersangka MN mengunggah video berisi ujaran kebencian dan pengancaman terhadap Menkopolhukam Mahfud MD di akun Youtube bernama Amazing Pasuruan pada 9 November 2020.
“Yang diancam adalah Prof Mahfud Md. Diancam kalau pulang (ke Pamekasan) akan digorok. Artinya, sifatnya sangat personal dan tidak layak dijadikan konten YouTube,” ujar Gidion.
Tiga orang lainnya yakni AH, MS, dan SH ikut menyebarkan video tersebut melalui grup WhatsApp.
Keempat tersangka ini dijerat UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 27 ayat (4) Jo Pasal 45 ayat (4) dan/atau Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 ayat (2) dan Pasal 14 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946. (ACS)

Achmad Zedun

Read Previous

Anugerah PWI Kota Bogor, Dorong Nilai Kepahlawanan dan Kesetiakawanan Sosial

Read Next

Mabes Polri Peragakan 53 Adegan Penembakan Enam Anggota FPI

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *