Kampung Budaya Sunda Paseban, Tempat Hangout Berbalut Kebudayaan

Bogor, Pelita Baru
Mencari tempat wisata di Bogor dengan lokasi yang sejuk, jauh dari keramaian, bebas polusi, dan yang bisa membuat pikiran tenang serta puas lahir batin sebenarnya gampang-gampang susah. Namun ada lokasi wisata yang bisa mewakili syarat di atas.

Tempat itu adalah Kampung Budaya Sunda Paseban atau banyak orang menyebutnya Hidden Paradise. Kampung ini dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap budaya Sunda, seperti Pencak Silat, hiasan atau olahan dari batang bambu, budaya dongeng, budaya kecapi suling, dan lainnya.

Berada di ketinggian 1100 Mdpl, Kampung Budaya Sunda Paseban merupakan tempat wisata yang menarik dan cocok bagi anda dan keluarga yang ingin melepas kepenatan, baik penat akibat rutinitas sehari-hari maupun akibat berlarut-larutnya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Karena lokasinya berada di alam terbuka serta dikelilingi hutan tropis rindang membuat suasananya sangat nyaman, berhawa sejuk, dan sangat asri. Karena pada siang hari suhu udara antara 18-25 derajat celcius, sementara pada malam hari bisa turun sampai 10 derajat celcius.

“Kampung Budaya Sunda Paseban kini telah dikelola BUMD PT. Sayaga Wisata. Ini adalah tempat yang tepat untuk istirahat, bisa juga menikmati alam, menghirup udara segar, menghindar dari kebisingan dan hiruk pikuknya kota,” kata Supriadi kepada Pelita Baru disela-sela acara Famtrip 2020, belum lama ini.

 

Ada apa saja di Kampung Budaya Sunda Paseban?

Kampung Budaya Sunda Paseban sangatlah pas dijadikan tempat berlibur untuk rileksasi Anda dan keluarga, karena dapat bersantai dan menikmati pemandangan alam yang indah.

Selain itu, pada momen tertentu pengunjung juga dapat disuguhi pagelaran budaya seperti pertunjukan wayang kulit, pencak silat, tari tradisional, kecapi suling, gamelan, musik sunda dan lain-lain.

Di areal seluas sekitar enam hektare ini, juga terdapat beberapa hewan peliharaan yang jinak seperti Kerbau Bule, Rusa, Landak dan ada juga Anjing jenis Siberian Husky yang semuanya berada di dalam kandang, sehingga anda tak perlu khawatir digigit anjing atau diseruduk Kerbau Bule.

Fasilitas yang ada di Kampung Budaya Sunda Paseban ini terdapat gazebo, gardu pandang, cafe, sanggar seni, perpustakaan, camping ground, dan sejumlah sudut yang fantastis untuk berswa foto karena pemandangannya sangat Instagramable.

Tempat ini juga cocok untuk gathering keluarga atau playdate dengan teman-teman sekolah. Menariknya lagi, Anda bisa mengunjungi air terjun, karena Kampung Budaya Paseban dekat dengan Curug Cibulao yang lagi hits dijagat maya netizen.

Jika Anda ingin bermalam, disini juga tersedia penginapan dengan harga yang sangat terjangkau dan fasilitas lumayan lengkap. Tempat tidur hingga air panas untuk mandi tersedia disini. Water heater pun tersedia bagi anda yang ingin membuat minuman hangat, karena tersedia juga air mineral botol, teh, kopi plus gula pasir. Untuk bersantai, dibagian teras yang cukup luas juga terdapat kursi dan meja.

Akses menuju lokasi Kampung Budaya Sunda Paseban sangat mudah, jika dari Kota Bogor atau Tol Jagorawi arahkan kendaraan anda menuju Puncak. Sampai pertigaan Megamendung atau sebelah Masjid Nurul Huda, belok kiri ikuti jalan sampai melewati Unilever Learning Centre. Kemudian ambil arah kanan sampai menemukan Mega training Centre, lalu Pusdik Reksrim Polri.

Anda tidak perlu khawatir tersesat karena sudah ada penunjuk arah menuju Kampung Budaya Budaya Paseban.

Namun akses jalan menuju ke sana tidak semulus Jalan Raya Puncak, selain tanjakan dan turunan terjal aspal yang mengelupas dan berlubang turut mewarnai kelokan jalan ini. Tetapi Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus di sisi kanan jalan. (di/*)

pelitaonline

Read Previous

Penomena Alam Muncul saat Pemakaman 5 Jenazah Laskar FPI di Megamendung

Read Next

Pria Ini Nekat Panjat Reklame dan Pasang Spanduk Protes DPR di Bogor

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *