Pengesahan Raperda Terganjal Virus Corona

Sukabumi, Pelitabaru.com

Pengesahan tiga raperda (rancangan peraturan daerah) yang sebelumnya ditargetkan selesai pada triwulan I tahun 2020 ditunda karena terhalang peraturan social distancing kaitannya dengan upaya mencegah peyebaran Virus Corona. Pembahasan ketiga raperda tersebut akan dilanjutkan setelah badai wabah Covid-19 berlalu.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Kamal Suherman ketika dihubungi wartawan via telepon seluler, kemarin. Posisi dan status hari ini, ujar Kamal, DPRD Kota Sukabumi menunda semua agenda rapat paripurna untuk sementara waktu dalam rangka turut mencegah kerumunan orang yang bertentangan dengan prinsip social distancing.

Ketiga raperda yang ditunda pengesahannya terdiri dari Raperda tentang Cagar Budaya,  Raperda tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Online (SPBE), dan Raperda tentang Protokoler DPRD. Raperda yang disebutkan paling akhir merupakan inisiatif DPRD Kota Sukabumi.

“Kami harus menunda beberapa agenda  karena adanya imbauan dari pemerintah untuk menghindari pengumpulan massa dalam jumlah banyak. Jadi kami pending dulu pengesahan ketiga raperda tersebut hingga waktu yang tidak bisa ditentukan,” kata Kamal.

Tidak hanya pengesahan tiga raperda, agenda lain yang kemungkinan tidak diselenggarakan salah satunya penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019 oleh Wali Kota Sukabumi.  Penyampaian LKPJ Wali Kota Sukabumi tersebut seharusnya paling lambat pada akhir bulan April.

“Untuk pengesahan tiga raperda tidak ada masalah ditunda dulu, namun untuk penyampaian LKPJ harus dipertimbangkan lebih dalam karena memiliki batas waktu,” tutur Kamal.

Apabila mengikuti agenda, penyampaian LKPJ semestinya dilaksanakan dalam waktu satu sampai dua minggu ke depan. Dalam waktu dekat, Badan Musyawarah (Bamus) akan membahas jadwal penyampaian LKPJ, apakah tetap dilaksanakan atau ditunda juga. Melihat kondisi saat ini, tampaknya ditunda dulu.  (bud/iyus)

suadm

Read Previous

Bupati Sukabumi Imbau ASN Sumbangkan Gajinya untuk Tangani Covid-19

Read Next

AHY Rampingkang Jumlah Departemen DPP Demokrat

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *