Fraksi PKS Desak Pemkot Serang Realisasikan Bantuan Keluarga Pra-Sejahtera

Serang, Pelitabaru.com
Mengantisipasi dampak bencana akibat Covid-19, anggota DPRD Kota Serang Fraksi PKS Nur Agis Aulia, mendesak Pemkot Serang segera merealisasikan bantuan kepada keluarga pra sejahtera yang telah dianggarkan sebesar Rp 41 Miliar. Dia juga meminta seluruh elemen masyarakat untuk memantau dan mengawasi, mulai dari pendataan hingga proses pendistribusi.
“Awalnya, tahun kemarin Pemkot Serang menganggarkan Rp20 Miliar lebih. Saat ini diajukan Rp 41 Miliar plus ploting penanganan Covid-19. Alokasi anggaran ini digunakan bukan hanya untuk tenaga medis. Namun anggaran ini juga dialokasikan untuk jaring pengaman sosial dan pengendalian dampak ekonomi akibat Covid-19 di Kota Serang,” kata Agis melalui HP, Rabu (8/4/2020).
Agis mengatakan, pihaknya bersama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang segera melakukan validasi data-data masyarakat pra sejahtera di Kota Serang, bekerjasama dengan camat, lurah hingga tingkat RT dan RW, untuk mempercepat validasi proses pendataan. “Agar data cepat terpetakan dan tervalidasi dengan baik, bantuan ini bisa tepat sasaran, kami bekerjasama dengan camat, lurah, RT dan RW. Dinsos akan menyiapkan bantuan bagi 25 ribu keluarga prasejahtera baru selama 3 bulan. Nilainya Rp 200 ribu per KK dalam bentuk sembako atau tunai,” jelasnya. 
Agis juga meminta kepada masyarakat Kota Serang untuk membantu menginformasikan masyarakat prasejahtera yang ada di lingkungannya agar tercatat dan tervalidasi, sehingga bantuan akan didistridibusikan secepatnya. Tentunya juga melibatkan RT dan RW dalam melakukan pendataan dengan baik, juga koordinasi dengan lurah dan camat setempat.
“Jadi, keluarga pra sejahtera data  yang memang benar membutuhkan. Karena anggaran hanya untuk 25000 KK,  dan harus dipilah dengan cermat, dan diprioritaskan bagi keluarga yang memang sangat membutuhkan. Adapun angkanya meningkat bagi keluarga pra sejahtera baru, dikarenakan dampak Covid 19 ini,” kata Agis.  
Pada bagian lain ia meminta bagi masyarakat yang mampu, untuk ikut membantu masyarakat yang tidak mampu diwilayahnya. “Ketika  belum tercover oleh bantuan pusat, provinsi, maupun Pemkot. Saatnya kita bersama meringankan masyarakat yang terdampak ekonominya akibat kondisi berubah karena virus Corona. Mari kita saling bantu satu sama lain,” katanya.
Sebagai informasi, Berdasarkan data yang tercatat sebelumnya melalui Dinsos Kota Serang, data masyarakat prasejahtera sebanyak 41.268 KK. Sedangkan yang sudah mendapatkan bantuan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi (Pemprov) sejumlah 27.427 KK, dengan  rinciannya sebagai berikut, 
PKH sebanyak 8.094, Sembako sebanyak 13.811 dan Jamsosratu sebanyak 5.522. (Mat)

suadm

Read Previous

Puskesmas Petir Kabupaten Serang Keluhkan Kurangnya APD

Read Next

Ditengah Virus Covid-19, Kodim 0506/Tgr Gelar Donor Darah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *