7.634 Karyawan di Sumbar Di-PHK

Padang, Pelitabaru.com
Dampak pandemi Covid-19 ini membuat perusahaan-perusahaan di Sumatera Barat merumahkan karyawannya sebanyak 7.216 orang dirumahkan dan mem PHK sebanyak 418 orang, hal itu dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Nasrizal. Sehingga, total laryawan yang sudah tidak bekerja sebanyak 7.634 orang.
“Karyawan yang dirumahkan dan di PHK itu melapor ke Dirsnakertans, mungkin bisa jadi jumlahnya lebih dari data kita karena ada juga yang tidak melapor,” ujarnya, Selasa (7/4/2020).
Nasrizal memprediksi dampak wabah corona ini mungkin akan terus bertambah baik yang dirumahkan maupun di PHK. “Itu baru data kemarin yang masuk Senin 6 April 2020,” katanya.
Karyawan yang dirumahkan dan di PHK itu mencakup dalam 1.691 unit usaha di Sumatera Barat, mulai dari usaha besar, menengah hingga mikro kecil. Para karyawan dirumahkan dan PHK yang telah melapor itu akan berkesempatan mendapat kartu pra-kerja.
“Ke depan karyawan bisa mengakses sendiri ke www.prakerja.co.id, mudah-mudahan wabah Virus Corona ini berlalu. Karena karyawan dirumahkan dan kena PHK juga akan kemungkinan bertambah terus,” ungkapnya. 
Dari data yang diperoleh dari Dirnakertans itu kebanyakan mereka yang di rumahkan dan di PHK itu usaha sektor wisata salah satunya perhotelan. Khusus karyawan yang dirumahkan kata Nasrizal, pihak perusahaan memiliki kebijakan masing-masing.
“Ada yang bersepakat membayar upah setengah, yang penting perjanjian mufakat antara perusahaan dan karyawan. Apabila sampai kata tidak setuju, maka kami selesaikan dalam jalur media hubungan mediator industrial,” katanya.(ok)
 

suadm

Read Previous

TTIC Pasar Minggu Diserbu Pembeli Online

Read Next

Polisi Tangkap Penganiaya Wartawan

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *