Pembentukan KBB Molor Lagi

Bogor, Pelitabaru.com – Wacanan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Bogor Barat (KBB), sepertinya kembali molor. Itu setelah Pemerintah Kabupaten Bogor akan mengalihkan anggaran persiapan KBB untuk percepatan penanganan virus corona.
Untuk diketahui, Pemkab Bogor menganggarkan Rp40 miliar untuk pembebasan lahan calon ibukota KBB. Namun, anggaran itu harus direvisi untuk dialokasikan pada penanganan virus corona atau COVID-19.
Bukan hanya DOB KBB, Pemkab Bogor juga mengalihkan anggaran sisa Belanja Tidak Terduga (BTT) sisa penanganan bencana Sukajaya serta iuran anggota Korpri sebesar Rp80 miliar.
“Kita sedangan rapatkan dengan DPRD untuk mengetahui pos (anggaran) SKPD mana saja yang digeser,” kata Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).
Nantinya, kata dia, anggara yang dalihkan akan kembali dianggarakan pada APBD Perubahan 2020.
Menurut dia, anggaran penanganan virus corona ini nantinya akan digunakan untuk membeli alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan. Sebagian lagi untuk pembelian rapid test sebanyak 1.000 unit.
Ia juga menjelaskan, pengalihan anggaran DOB KBB ini juga diakukan seelah belum adanya kejelasan dari pemerintah pusat soal pencabutan moratorium DOB. “Paling penting menyelematkan manusia dulu, karena itu berkaitan dengan nyawa,” imbuh dia.(dkw)

suadm

Read Previous

Dua Warga Positif Corona

Read Next

Lahan Pemda Bisa Digunakan Bangun Posyandu

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *