Pantai Minajaya, Tak Kalah dari Ujung Genteng

Sukabumi, Pelitabaru.com
Pantai Minajaya mungkin masih asing di telinga banyak orang, termasuk wisatawan mancanegara. Pantai yang berada di Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jaawa Barat ini memang masih kalah pamornya dibanding Ujung Genteng.

Tapi jangan salah. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan ciamik yang tidak kalah dengan Ujung Genteng, maupun Pelabuhan Ratu.
Mencapai pantai ini sangat mudah. Jarak pantai ini kurang lebih 125 kilometer dari pusat Kota Sukabumi. Ada dua akses utama yang bisa ditempuh dari arah Kota Sukabumi. Pertama melalui jalur Palabuanratu melewati Bagbagan, Loji, Puncak Darma, Palangpang, Ciracap, dan Surade.
Jalur kedua melewati Pasar Pangleseran, Jampangtengah, Kiaradua, Jampangkulon, dan Surade. Selain itu terbuka akses melalui Sagaranten.
Sementara, dari pusat keramaian Surade, Pantai Minajaya berjarak kurang lebih enam kilometer. Kondisi jalan menuju pantai tersebut lumayan bagus. Pengunjung bisa memarkirkan kendaraan pribadi tepat di bibir pantai. Begitu juga tiket masuknya cukup murah dan terjangkau oleh kantung kebanyakan warga.

Yang uniknya, pengunjung bisa berjalan ke tegah laut dan melihat karang dan rumput laut, jika air laut sedang surut.

Menurut warga sekitar, pantai ini awalnya bernama Kutamara. Namun, pada 1964 namanya berubah menjadi Pantai Minajaya. Perubahan nama itu bermula saat masyarakat di sekitar Pantai Kutamara dikejutkan dengan kedatangan sebuah kapal besar menuju ke pesisir pada 12 April 1964.

Warga sekitar menyangka kapal tersebut merupakan kapal perang dari Malaysia yang sengaja menyerang Indonesia dari arah selatan. Saat itu sedang gencar-gencarnya dikumandangkan konfrontasi oleh Indonesia kepada Malaysia sebagai bagian dari perlawanan terhadap neokolonialisme.

Namun akhirnya diketahui bahwa kapal yang datang tersebut adalah kapal ikan yang kehabisan bahan bakar di tengah laut sehingga terombang-ambing dan terdampar ke pesisir Pantai Kutamara. Posisi terdamparnya sekitar 300 meter dari bibir pantai. Pada badan kapal tertulis kode lambung Minajaya 2.

Nama Minajaya ini pun menjadi populer atau viral pada zamannya sehingga tanpa disadari penyebutan nama Pantai Kutamara berubah secara bertahap. Sejak itu lahirlah Pantai Minjaya.(ant/Pelita Sukabumi)

suadm

Read Previous

MU Siapkan Rp1,4 Triliun

Read Next

Dua Warga Positif Corona

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *