188 ABK World Dream Negatif Corona

foto : (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Jakarta, pelitabaru.com

Juru bicara pemerintah khusus penanganan virus corona Achmad Yurianto menyatakan, 188 anak buah kapal World Dream yang diobservasi di Pulau Sebaru Kecil tidak ada yang terinfeksi virus corona (Covid-19).

Kesimpulan diperoleh dari hasil pemeriksaan spesimen 188 WNI tersebut.

“Yang 188 ABK kapal World Dream sudah selesai kita periksa semua dan seluruhnya negatif,” kata Achmad Yurianto di kantor Kemenkes, Jakarta, Selasa (3/3).

Sedangkan untuk 69 ABK kapal Diamond Princess yang juga menjalani karantina di Pulau Sebaru Kecil, Yurianto menyatakan 67 orang dinyatakan negatif. Sementara dua lainnya, sedang dilakukan pemeriksaan ulang.

“Sementara dari kapal Diamond Princess 69 spesimen yang sudah kita terima, kita masih melakukan pendalaman untuk 2 spesimen yang belum. Berarti dari 69 sudah ada 67 yang sudah jelas negatif. Dua masih kita ulang lagi,” pungkasnya.

Yurianto menjelaskan bahwa pemeriksaan spesimen dilakukan dengan sejumlah tahap. Biasanya diterapkan kepada orang yang sudah mengidap gejala virus corona atau suspect.

Suspect corona sendiri adalah istilah medis yang menyatakan seorang pasien diduga mengidap corona, tapi belum bisa dipastikan positif atau negatif.

Para ABK World Dream dan Diamond Princess memang belum berstatus suspect. Namun, spesimen mereka perlu diperiksa lantaran berada dalam satu kapal dengan penumpang lain yang positif mengidap virus corona.

“Pemeriksaan spesimen itu diambil dari dinding belakang hidung. Jadi, teknisnya itu seperti menggunakan cotton bud, panjang gitu, terus dimasukkan sampai mentok, diukrek, diambil. Kemudian diambil lagi dari mulut, terus sampai belakang, diukrek, terus diambil,” kata Yurianto.

“Dan kemudian di RS rujukan diambil dengan bronkoskop, ada alat yang dimasukkan ke dalam saluran napas sampai ke dalam paru-paru, diambil sedikit cairannya, dikeluarkan lagi. Ini yang disebut spesimen. Spesimen ini dibawa ke laboratorium dan diperiksa,” sambungnya.

Pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengarantina ratusan anak buah kapal World Dream dan Diamond Princess di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta. Mereka dikarantina untuk diobservasi terkait virus corona. Ada 69 ABK Diamond Princess dan 188 ABK World Dream yang dikarantina di sana.(cnn/ant/zack)

suadm

Read Previous

Pendirian Industri Gasifikasi Batu Bara Dipercepat

Read Next

Banjir Bandang Terjang Desa Lengkeka Poso

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *