Sambut Piala Dunia U-20, Pemkab Bogor Anggarkan Rp4 Miliar Bangun Tugu Selamat Datang

Bogor, pelitabaru.com – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor menganggarkan Rp4 miliar dalam APBD 2020 untuk membangun taman dan tugu “Selamat Datang” di simpang Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
“Untuk taman termasuk tugu ‘Selamat Datang’, anggarannya sekitar Rp4 miliar. Pembebasan lahan sudah dilakukan, saat ini kita sedang DED (Detail Engineering Design),” ujar Kepala DPKPP Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah di Cibinong, Rabu (12/2).
Menurut dia, penataan itu berkaitan dengan persiapan insfrastruktur menyambut Piala Dunia U-20 di Stadion Pakansari Cibinong tahun depan. Simpang Sirkuit Sentul merupakan gerbang masuk menuju kawasan Pakansari jika keluar dari pintu tol Sentul.
Taman dan tugu “Selamat Datang” di simpang Sirkuit Sentul itu hanya sebagian kecil dari penataan yang dilakukan DPKPP tahun ini. Secara keseluruhan pihaknya menganggarkan Rp17 miliar.
Jika dirinci, Rp13 miliar sisanya digunakan untuk menata median jalan mulai dari Kandang Roda sampai Kawasan Pakansari sepanjang tiga kilometer senilai Rp7 miliar. Selain itu pengadaan tiga unit videotron yang masing-masing unitnya senilai Rp2 miliar.
Bupati Bogor, Ade Yasin menyebutkan, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyiapkan anggaran daerah Rp300,647 miliar untuk menata infrastruktur dan aksesibilitas mulai dari pintu keluar tol Sentul hingga sekitar Stadion Pakansari.
“Anggarannya (tersebar) di Dinas PUPR, Dispora, dan DPKPP. Banyak yang harus diperbaiki. Untuk stadionnya dan aksesibilitas dari mulai tol Sentul hingga stadion,” kata Ade Yasin.
Ia berharap penataan stadion dan akses itu rampung pada tahun ini sehingga pada tahun 2021 venue pertandingan yang ditunjuk jadi penyelenggaraan pertandingan sudah harus siap pakai.
“Jadi kita persiapan infrastruktur dan stadion, banyak yang harus dibenahi termasuk juga kita harus melengkapi fasilitas disabilitas,” tutur politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.
Ia optimistis penetapan Stadion Pakansari sebagai venue Piala Dunia U-20 ini dapat mendongkrak angka kunjungan wisata Kabupaten Bogor. Hal itu menjadi salah satu target Pemkab Bogor sesuai “tagline”, yaitu “The City of Sport and Tourism”.
Bogor akan lebih mendunia sehingga sarana dan prasarana kawasan Pakansari harus dipercantik. “Kita akan fokus pada penataan infrastruktur dan penyiapan sarana pendukung lainnya,” katanya.(ant/zack)

suadm

Read Previous

Pemerintah Diminta Gencarkan Koperasi Hingga Pelosok Pedesaan

Read Next

KPK – Bawas MA Sidak PN Jakarta Barat

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *