Satpol PP Sita Ratusan VCD Bajakan PKL Cibinong

Bogor, pelitabaru.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor, kembali melakukan patroli rutin dengan menertibkan belasan Pedagang Kaki Lima (PKL) di wilayah Pasar Cibinong Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong.
Dalam operasi kali ini, satuan penegak peraturan daerah (Perda) bumi tegar beriman itu berhasil menyita ratusan keping vcd bajakan dari salah seorang pkl di kawasan Setu Cibinong, Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong.
Kepala Seksi (Kasie) Ketentraman Masyarakat (Kasie Tranmas) pada Satpol PP Kabupaten Bogor, Hendrik Edmond mengatakan, giat patroli tersebut rutin dilakukannya demi terwujudnya Kabupaten Bogor tertib dalam peraturan daerah tentang ketertiban umum. Dimana, sasaran utama dalam operasinya itu menertibkan PKL yang berada di sekitaran setu Cibinong Kelurahan Ciriung.
“Tadi operasi rutin yang kami laksanakan di setu Cibinong dengan target PKL yang melanggar perda nomor 4 tahun 2015 tentang ketertiban umum,” kata Hendrik saat ditemui dikantornya, Selasa (11/2).
Ia menambahkan, hasil operasi hari ini jajarannya berhasil mensita ratusan keping VCD bajakan siap edar.
“Iya vcd berhasil kita tertibkan berupa ratusan vcd bajakan dari satu orang penjual dengan memiliki 4 lapak dagangan,” tegasnya.
Hendrik melanjutkan, untuk hasil penyitaan ratusan keping vcd bajakan ini nantinya akan diserahkan ke polres bogor, karena diduga melanggar Undang-undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta, diatur soal berbagai macam persoalan tentang hak cipta.
“Ancaman pidananya penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah),” paparnya.
Selain ratusan keping VCD, kata dia, pol pp juga berhasil menyita barang dagangan dari PKL berupa kayu untuk menjajahkan barang dagangannya hingga perlengkapan lainnya.
“Ada juga kaya tenda, kayu-kayu kaso yang digunakan untuk membangun lapak dagangannya, dan semua itu akan kita langsung musnahkan dengan cara dibakar. Karena bila hanya dilakukan sidang tindak pidana ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Cibinong tidak membuat mereka jera, makanya agar mereka jera kita langsung musnahkan saja dengan cara dibakar seperti operasi di sekitaran area Stadion Pakansari Senin (10/2) kemarin,” tutupnya.(rul)

suadm

Read Previous

Pemda Tak Bisa Lagi Tahan Dana BOS

Read Next

Presiden Minta Percepatan Realisasi Belanja

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *